Khuyanime - Instagram adalah salah satu media sosial terpopuler di dunia, dengan lebih dari 1,38 miliar pengguna aktif per bulan. Instagram juga menjadi platform yang banyak digunakan oleh para influencer, marketer, dan brand untuk mempromosikan produk, jasa, atau konten mereka. Namun, untuk bisa sukses di Instagram, kita perlu memahami bagaimana cara kerja algoritma Instagram yang terus berkembang dan berubah setiap tahunnya.
Algoritma Instagram adalah rumus yang digunakan oleh Instagram untuk menentukan postingan mana yang akan ditampilkan pada halaman feed, stories, reels, explore, dan IGTV pengguna Instagram ketika mereka membuka aplikasi. Algoritma Instagram bertujuan untuk memberikan pengalaman yang relevan, personal, dan menarik bagi pengguna, dengan menyesuaikan konten yang mereka lihat sesuai dengan preferensi dan minat mereka.
Namun, algoritma Instagram tidaklah statis, melainkan dinamis dan adaptif. Artinya, algoritma Instagram dapat berubah-ubah sesuai dengan perilaku dan feedback pengguna, serta fitur-fitur baru yang diluncurkan oleh Instagram. Pada tahun 2023, Adam Mosseri selaku head of Instagram mengatakan bahwa algoritma Instagram mengalami perubahan yang cukup signifikan terutama pada setiap tipe konten yang diposting pada Instagram². Feeds, stories, reels, explore, dan IGTV memiliki algoritma yang berbeda-beda³.
Lalu, bagaimana cara kerja algoritma Instagram tahun 2023 untuk masing-masing tipe konten tersebut? Dan bagaimana tips untuk mengoptimalkannya agar dapat meningkatkan engagement dan jangkauan kita di Instagram? Berikut adalah penjelasannya.
Cara Kerja Algoritma Instagram Tahun 2023 untuk Postingan Feed
Postingan feed adalah postingan yang kita buat di halaman profil kita, baik berupa foto atau video. Postingan feed ini akan muncul di halaman feed pengguna lain yang mengikuti kita, atau yang tidak mengikuti kita tetapi tertarik dengan konten kita. Postingan feed juga dapat muncul di halaman explore pengguna lain yang memiliki minat yang serupa dengan konten kita.
Cara kerja algoritma Instagram tahun 2023 untuk postingan feed adalah sebagai berikut:
1.algoritma Instagram akan mengumpulkan semua postingan feed yang tersedia dari akun-akun yang diikuti oleh pengguna, atau yang relevan dengan minat pengguna.
2, algoritma Instagram akan memberikan skor atau nilai untuk setiap postingan feed tersebut berdasarkan beberapa faktor kunci, yaitu:
- Informasi tentang postingan: apakah postingan tersebut berupa foto atau video? Kapan waktu posting? Berapa banyak likes, comments, shares, dan saves dalam postingan tersebut?
- Informasi tentang poster: seberapa menarik poster tersebut untuk pengguna? Apakah mereka adalah teman, keluarga, atau akun favorit pengguna? Seberapa sering pengguna berinteraksi dengan konten mereka?
- Aktivitas pengguna: apakah pengguna cenderung sering menonton banyak video? Apa tipe konten yang biasa mereka lihat? Berapa lama mereka menghabiskan waktu di aplikasi?
- Riwayat interaksi: apakah pengguna sering menyukai atau berkomentar di postingan-postingan tersebut? Apakah mereka pernah menyimpan atau membagikan postingan-postingan tersebut?
3, algoritma Instagram akan menentukan urutan postingan feed yang ditampilkan di halaman feed pengguna berdasarkan skor atau nilai tertinggi dari setiap postingan feed tersebut. Postingan feed dengan skor tertinggi akan muncul lebih awal di halaman feed pengguna.
Tips Mengoptimalkan Algoritma Instagram Tahun 2023 untuk Postingan Feed
Berikut adalah beberapa tips untuk mengoptimalkan algoritma Instagram tahun 2023 untuk postingan feed kita:
- Posting secara konsisten dan rutin. Hal ini akan membantu kita untuk membangun loyalitas dan kepercayaan dari pengikut kita, serta meningkatkan kesempatan kita untuk muncul di halaman feed mereka.
- Posting pada waktu yang tepat. Hal ini akan mempengaruhi seberapa banyak orang yang melihat dan berinteraksi dengan postingan kita. Kita dapat menggunakan fitur insights dari Instagram untuk mengetahui kapan waktu terbaik untuk posting berdasarkan aktivitas pengikut kita.
- Posting konten yang berkualitas dan relevan. Hal ini akan membuat pengikut kita tertarik dan terlibat dengan postingan kita, serta menarik pengguna baru yang memiliki minat yang serupa. Kita dapat menggunakan fitur insights dari Instagram untuk mengetahui apa jenis konten yang paling disukai dan dibagikan oleh pengikut kita.
- Mendorong interaksi dengan pengikut kita. Hal ini akan meningkatkan engagement dan loyalitas dari pengikut kita, serta memberi sinyal positif kepada algoritma Instagram bahwa postingan kita penting dan menarik. Kita dapat mendorong interaksi dengan cara membuat caption yang menarik, mengajukan pertanyaan, membalas komentar, menggunakan fitur stickers, dan lain-lain.
- Menggunakan hashtag yang tepat. Hal ini akan membantu kita untuk meningkatkan jangkauan dan visibilitas postingan kita di halaman explore pengguna lain yang mencari topik atau tema yang terkait dengan hashtag tersebut. Kita dapat menggunakan hashtag yang populer, spesifik, dan relevan dengan konten kita.
Cara Kerja Algoritma Instagram Tahun 2023 untuk Reels
Reels adalah fitur baru dari Instagram yang memungkinkan kita untuk membuat dan membagikan video pendek yang kreatif dan menyenangkan, dengan durasi maksimal 60 detik. Reels ini akan muncul di halaman reels pengguna lain yang mengikuti kita, atau yang tidak mengikuti kita tetapi tertarik dengan konten kita. Reels juga dapat muncul di halaman explore pengguna lain yang memiliki minat yang serupa dengan konten kita.
Cara kerja algoritma Instagram tahun 2023 untuk reels adalah sebagai berikut:
1. algoritma Instagram akan mengumpulkan semua reels yang tersedia dari akun-akun yang diikuti oleh pengguna, atau yang relevan dengan minat pengguna.
2. algoritma Instagram akan memberikan skor atau nilai untuk setiap reels tersebut berdasarkan beberapa faktor kunci, yaitu:
- Popularitas reels: berapa banyak likes, comments, shares, dan saves dalam reels tersebut?
- Informasi tentang reels: apakah reels tersebut menggunakan musik atau audio asli? Apakah reels tersebut menggunakan efek kreatif atau filter? Apakah reels tersebut menggunakan teks atau stiker?
- Informasi tentang poster: seberapa menarik poster tersebut untuk pengguna? Apakah mereka adalah akun populer atau viral? Seberapa sering pengguna berinteraksi dengan konten mereka?
- Aktivitas pengguna: apakah pengguna cenderung sering menonton banyak reels? Apa tipe konten yang biasa mereka lihat? Berapa lama mereka menghabiskan waktu di aplikasi?
- Riwayat interaksi: apakah pengguna sering menyukai atau berkomentar di reels-reels tersebut? Apakah mereka pernah menyimpan atau membagikan reels-reels tersebut?
3. algoritma Instagram akan menentukan urutan reels yang ditampilkan di halaman reels pengguna berdasarkan skor atau nilai tertinggi dari setiap reels tersebut. Reels dengan skor tertinggi akan muncul lebih awal di halaman reels pengguna.
Tips Mengoptimalkan Algoritma Instagram Tahun 2023 untuk Reels
Berikut adalah beberapa tips untuk mengoptimalkan algoritma Instagram tahun 2023 untuk reels kita:
- Membuat reels yang original dan kreatif. Hal ini akan membuat reels kita menonjol dan menarik perhatian dari pengguna lain, serta memberi sinyal positif kepada algoritma Instagram bahwa reels kita unik dan berbeda. Kita dapat membuat reels yang original dan kreatif dengan cara menggunakan musik atau audio asli, menggunakan efek kreatif atau filter, menggunakan teks atau stiker, dan lain-lain.
- Membuat reels yang relevan dan sesuai tren. Hal ini akan membuat reels kita lebih mudah ditemukan dan disukai oleh pengguna lain, serta memberi sinyal positif kepada algoritma Instagram bahwa reels kita sesuai dengan minat dan kebutuhan pengguna. Kita dapat membuat reels yang relevan dan sesuai tren dengan cara menggunakan hashtag yang populer, spesifik, dan relevan dengan konten kita, mengikuti challenge atau format yang viral, membuat konten yang berkaitan dengan topik atau tema yang sedang hangat, dan lain-lain.
- Membuat reels yang informatif
Membuat reels yang informatif dan bermanfaat. Hal ini akan membuat reels kita lebih berharga dan berguna bagi pengguna lain, serta memberi sinyal positif kepada algoritma Instagram bahwa reels kita memberikan nilai tambah bagi pengguna. Kita dapat membuat reels yang informatif dan bermanfaat dengan cara memberikan tips, trik, tutorial, review, rekomendasi, atau fakta-fakta menarik yang terkait dengan konten kita.
- Membuat reels yang menghibur dan menyenangkan. Hal ini akan membuat reels kita lebih menarik dan menyenangkan bagi pengguna lain, serta memberi sinyal positif kepada algoritma Instagram bahwa reels kita membuat pengguna merasa senang dan puas. Kita dapat membuat reels yang menghibur dan menyenangkan dengan cara membuat konten yang lucu, kocak, menggemaskan, inspiratif, atau mengejutkan yang terkait dengan konten kita.
- Mendorong interaksi dengan pengikut kita. Hal ini akan meningkatkan engagement dan loyalitas dari pengikut kita, serta memberi sinyal positif kepada algoritma Instagram bahwa reels kita penting dan menarik. Kita dapat mendorong interaksi dengan cara membuat caption yang menarik, mengajukan pertanyaan, membalas komentar, menggunakan fitur stickers, dan lain-lain.
Cara Kerja Algoritma Instagram Tahun 2023 untuk Stories
Stories adalah fitur dari Instagram yang memungkinkan kita untuk membuat dan membagikan foto atau video pendek yang akan hilang dalam 24 jam. Stories ini akan muncul di bagian atas halaman feed pengguna lain yang mengikuti kita, atau yang tidak mengikuti kita tetapi tertarik dengan konten kita. Stories juga dapat muncul di halaman explore pengguna lain yang memiliki minat yang serupa dengan konten kita.
Cara kerja algoritma Instagram tahun 2023 untuk stories adalah sebagai berikut:
1.algoritma Instagram akan mengumpulkan semua stories yang tersedia dari akun-akun yang diikuti oleh pengguna, atau yang relevan dengan minat pengguna.
2. algoritma Instagram akan memberikan skor atau nilai untuk setiap stories tersebut berdasarkan beberapa faktor kunci, yaitu:
- Aktivitas pengguna: apakah pengguna cenderung sering menonton banyak stories? Apa tipe konten yang biasa mereka lihat? Berapa lama mereka menghabiskan waktu di aplikasi?
- Informasi tentang stories: apakah stories tersebut menggunakan musik atau audio asli? Apakah stories tersebut menggunakan efek kreatif atau filter? Apakah stories tersebut menggunakan teks atau stiker?
- Informasi tentang poster: seberapa menarik poster tersebut untuk pengguna? Apakah mereka adalah teman, keluarga, atau akun favorit pengguna? Seberapa sering pengguna berinteraksi dengan konten mereka?
- Riwayat interaksi: apakah pengguna sering menyukai atau berkomentar di stories-stories tersebut? Apakah mereka pernah menyimpan atau membagikan stories-stories tersebut?
3. algoritma Instagram akan menentukan urutan stories yang ditampilkan di bagian atas halaman feed pengguna berdasarkan skor atau nilai tertinggi dari setiap stories tersebut. Stories dengan skor tertinggi akan muncul lebih awal di bagian atas halaman feed pengguna.
Tips Mengoptimalkan Algoritma Instagram Tahun 2023 untuk Stories
Berikut adalah beberapa tips untuk mengoptimalkan algoritma Instagram tahun 2023 untuk stories kita:
- Membuat stories secara konsisten dan rutin. Hal ini akan membantu kita untuk membangun loyalitas dan kepercayaan dari pengikut kita, serta meningkatkan kesempatan kita untuk muncul di bagian atas halaman feed mereka.
- Membuat stories pada waktu yang tepat. Hal ini akan mempengaruhi seberapa banyak orang yang melihat dan berinteraksi dengan stories kita. Kita dapat menggunakan fitur insights dari Instagram untuk mengetahui kapan waktu terbaik untuk membuat stories berdasarkan aktivitas pengikut kita.
- Membuat stories yang berkualitas dan relevan. Hal ini akan membuat pengikut kita tertarik dan terlibat dengan stories kita, serta menarik pengguna baru yang memiliki minat yang serupa. Kita dapat menggunakan fitur insights dari Instagram untuk mengetahui apa jenis konten yang paling disukai dan dibagikan oleh pengikut kita.
- Mendorong interaksi dengan pengikut kita. Hal ini akan meningkatkan engagement dan loyalitas dari pengikut kita, serta memberi sinyal positif kepada algoritma Instagram bahwa stories kita penting dan menarik. Kita dapat mendorong interaksi dengan cara membuat caption yang menarik, mengajukan pertanyaan, membalas komentar, menggunakan fitur stickers, dan lain-lain.
- Menggunakan musik atau audio asli. Hal ini akan membuat stories kita lebih original dan kreatif, serta memberi sinyal positif kepada algoritma Instagram bahwa stories kita unik dan berbeda. Kita dapat menggunakan musik atau audio asli dengan cara merekam suara kita sendiri, menggunakan fitur musik dari Instagram, atau menggunakan aplikasi pihak ketiga.
Cara Kerja Algoritma Instagram Tahun 2023 untuk Explore
Explore adalah fitur dari Instagram yang memungkinkan kita untuk menemukan dan menonton konten-konten menarik dari akun-akun lain yang tidak kita ikuti, tetapi sesuai dengan minat dan preferensi kita. Explore ini akan muncul di halaman explore pengguna, yang dapat diakses dengan menekan ikon kaca pembesar di bagian bawah aplikasi.
Cara kerja algoritma Instagram tahun 2023 untuk explore adalah sebagai berikut:
1. algoritma Instagram akan mengumpulkan semua konten yang tersedia dari akun-akun yang tidak diikuti oleh pengguna, tetapi relevan dengan minat pengguna. Konten ini dapat berupa postingan feed, reels, stories, atau IGTV.
2.algoritma Instagram akan memberikan skor atau nilai untuk setiap konten tersebut berdasarkan beberapa faktor kunci, yaitu:
- Popularitas konten: berapa banyak likes, comments, shares, dan saves dalam konten tersebut?
- Informasi tentang konten: apakah konten tersebut berupa foto atau video? Apakah konten tersebut menggunakan musik atau audio asli? Apakah konten tersebut menggunakan efek kreatif atau filter? Apakah konten tersebut menggunakan teks atau stiker? Apakah konten tersebut menggunakan hashtag yang tepat?
- Informasi tentang poster: seberapa menarik poster tersebut untuk pengguna? Apakah mereka adalah akun populer atau viral? Seberapa sering pengguna berinteraksi dengan konten mereka?
- Aktivitas pengguna: apakah pengguna cenderung sering menonton banyak konten? Apa tipe konten yang biasa mereka lihat? Berapa lama mereka menghabiskan waktu di aplikasi?
- Riwayat interaksi: apakah pengguna pernah menyukai atau berkomentar di konten-konten tersebut? Apakah mereka pernah menyimpan atau membagikan konten-konten tersebut?
- Ketiga, algoritma Instagram akan menentukan urutan konten yang ditampilkan di halaman explore pengguna berdasarkan skor atau nilai tertinggi dari setiap konten tersebut. Konten dengan skor tertinggi akan muncul lebih awal di halaman explore pengguna.
Tips Mengoptimalkan Algoritma Instagram Tahun 2023 untuk Explore
Berikut adalah beberapa tips untuk mengoptimalkan algoritma Instagram tahun 2023 untuk explore kita:
- Membuat konten yang original dan kreatif. Hal ini akan membuat konten kita menonjol dan menarik perhatian dari pengguna lain, serta memberi sinyal positif kepada algoritma Instagram bahwa konten kita unik dan berbeda. Kita dapat membuat konten yang original dan kreatif dengan cara menggunakan musik atau audio asli, menggunakan efek kreatif atau filter, menggunakan teks atau stiker, dan lain-lain.
- Membuat konten yang relevan dan sesuai tren. Hal ini akan membuat konten kita lebih mudah ditemukan dan disukai oleh pengguna lain, serta memberi sinyal positif kepada algoritma Instagram bahwa konten kita sesuai dengan minat dan kebutuhan pengguna. Kita dapat membuat konten yang relevan dan sesuai tren dengan cara menggunakan hashtag yang populer, spesifik, dan relevan dengan konten kita, mengikuti challenge atau format yang viral, membuat konten yang berkaitan dengan topik atau tema yang sedang hangat, dan lain-lain.
- Membuat konten yang informatif dan bermanfaat. Hal ini akan membuat konten kita lebih berharga dan berguna bagi pengguna lain, serta memberi sinyal positif kepada algoritma Instagram bahwa konten kita memberikan nilai tambah bagi pengguna. Kita dapat membuat konten yang informatif dan bermanfaat dengan cara memberikan tips, trik, tutorial, review, rekomendasi, atau fakta-fakta menarik yang terkait dengan konten kita.
- Membuat konten yang menghibur dan menyenangkan. Hal ini akan membuat konten kita lebih menarik dan menyenangkan bagi pengguna lain, serta memberi sinyal positif kepada algoritma Instagram bahwa konten kita membuat pengguna merasa senang dan puas. Kita dapat membuat konten yang menghibur dan menyenangkan dengan cara membuat konten yang lucu, kocak, menggemaskan, inspiratif, atau mengejutkan yang terkait dengan konten kita.
- Mendorong interaksi dengan pengguna lain. Hal ini akan meningkatkan engagement dan visibilitas konten kita di halaman explore, serta memberi sinyal positif kepada algoritma Instagram bahwa konten kita penting dan menarik. Kita dapat mendorong interaksi dengan cara membuat caption yang menarik, mengajukan pertanyaan, membalas komentar, menggunakan fitur stickers, dan lain-lain.
Demikianlah cara kerja dan tips mengoptimalkan algoritma Instagram tahun 2023 untuk postingan feed, reels, stories, dan explore. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin meningkatkan performa akun Instagram Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan atau saran, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca artikel ini.
Sumber :
Posting Komentar